Lugas dan Terpercaya
TwitterFacebookGoogle

Kapolres Deliserdang Lantik Pengurus PMK Deliserdang

Lubuk pakam (SANGGA BUANA)

Kapolres Deliserdang AKBP Pranyoto SiK diwakili Kabag Binamitra Kompol M Sembiring melantik pengurus Pemuda Mitra Kamtibmas (PMK) Deliserdang periode 2009-2010 di Aula Cadika Lubuk Pakam,Sabtu (27/2) malam.

Kapolres dalam sambutan tertulisnya mengatakan,PMK yang merupakan salah satu organisasi kepemudaan terorganisir merupakan mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas.

“ Karenanya PMK harus berperan aktif untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat,” kata AKBP Pranyoto

Dikatakan,seiring dengan perkembangan masyarakat dan arus globalisasi menyebabkan gangguan Kamtibmas secara alamiah cenderung meningkat baik kualitas maupun kuantitas.Begitu juga konflik antar kelompok,golongan,dan antar agama cenderung menjurus kepada tindakan anarkis dan main hakim sendiri.

“ Menyikapi ancaman gangguan Kamtibmas tersebut dan semakin tingginya tuntutan masyarakat akan rasa aman,maka diharapkan kehadiran PMK yang profesional dapat menunjukkan perannya ditengah masyarakat,”harapanya.

Bupati Deliserdang Drs H Amri Tambunan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ka.Kesbang Linmas Drs H Edy Azwar juga meminta agar pengurus PMK yang baru dilantik dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk ikut menjaga Kamtibmas ditengah masyarakat.Sebab,untuk memberikan rasa aman ditengah masyarakat memang juga diperlukan peranan pemuda.

Sementara Wakil Ketua I DPD KNPI Sumut Jhony Koto menejelaskan,lahirnya PMK berdasakan MoU antara Polda Sumut dan DPD KNPI dan Dispora yang sampai saat ini masih tetap berlangsung.Begitu juga kepengurusan PMK ditingkat kabupaten/kota harus berdasarkan MoU tersebut.

“ Artinya,PMK itu hanya satu.Sebab,sampai saat ini nota kesepahaman tersebut belum pernah kita cabut.Untuk itu,PMK harus bisa menjadi garda terdepan untuk ikut menjaga Kamtibmas dilingkungan masing-masing,” papar Jhony Koto.

Sebelumnya,Maulana SH MHum salah seorang dewan penasehat mengakui bahwa gebrakan yang dilakukan PMK Deliserdang yang terlebih dulu melakukan pelatihan/seminar tentang Kamtibmas dan bela negara merupakan salah satu wujud keseriusan PMK untuk membaktikan diri ditengah masyakat.

Ketua PMK Deliserdang yang baru dilantik Purwaningrum SH pada kesempatan itu menyatakan kesiapanya bekerjasama dengan pihak Polres dan Pemkab Deliserdang untuk menciptakan rasa aman ditengah masyarakat.

“ Untuk itu saya minta kepeda segenap unsur pengurus untuk tetap merapatkan barisan agar program PMK Deliserdang kedepan bisa terlaksana sebagaimana mestinya,” kata Purwaningrum seraya menambahkan agar peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat ditengah masyarakat.

Ketua Panitia Pelatihan dan Pelantikan Budi Rinaldi dalam laporannya menyebutkan,sejak Jumat s/d Sabtu (26-27/2) pihaknya sudah menggelar pelatihan Kamtibmas,penyuluhan bahaya narkoba dengan nara sumber dari Polres Deliserdang,termasuk bela negara dan peran pemuda dengan nara sumber dari Pemkab Deliserdang dan DPD KNPI Sumut yang diikuti 100 orang peserta dari masing-masing kecamatan.

Adapun pengurus PMK Deliserdang periode 2009-2014 terdiri dari Ketua Purwaningrum SH, Sekrtetaris Arif Fadillah MS,Bendahara A eng dan dilengkapi para wkil ketua,wakil sekretaris dan wakil bendahara.(LINCE)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>