Lugas dan Terpercaya
TwitterFacebookGoogle

Di Duga Pungli

Masyarakat Medan Mengeluh, Biaya Pengurusan SIM Membengkak.

Copy of willy satlantasMedan/SB/BI : sepertinya warga Medan yang ingin melakukan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polresta Medan tak kunjung berhenti mengeluh, pasalnya, ada kabar oknum Satlantas Polresta Medan diduga masih juga melakukan praktek nakalnya, yakni pungutan liar alias Pungli dalam proses pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM/red).

Kabar adanya dugaan pungli atau dana siluman ini dikenakan pada jalur proses pengurusan perpanjangan SIM A dan C sebesar Rp. 50.000, yakni ketika masyarakata akan mengajukan pengurusan SIM yang biayanya membengkak. Begitu juga untuk proses jalur pengurusan perpanjangan SIM A dan C yang hilang pun tidak luput dari praktek pungli, pasalnya proses pengerjaannya juga di kenakan biaya rekomendasi sebesar Rp. 25.000.

Banyaknya pungutan biaya pengurusan Surat Izin Mengemudi yang dikeluhan masyarakat tersebut sebab, biaya yang di pungut tidak tercantum dalam Undang Undang PP No. 50 thn 2010 tentang biaya tarif pengurusan perpanjangan SIM, namun sayang, praktek pungli ini sudah berlangsung lama, tanpa ada pengawasan dari pihak yang berwenang.

Keluhan ini disampaikan oleh salah seorang pemohon yang namanya enggan di cantumkan, hendak mengajukan perpanjangan SIM yg ia miliki. ” Mahal juga biaya pengurusan perpanjangan SIM hilang yang masih aktif masa berlakunya di sini bang, sampai Rp. 250.000 biayanya”, ujarnya kesal.

Terkait adanya dugaan tak sedap kabar tersebut, tentu membuat citra jajaran kepolisian pada umumnya dapat tercoreng. Beberapa waktu silam, pada Rabu, 30 September 2015 yang lalu, Mabes Polri telah melakukan penertiban di Satlantas Polres Medan itu, namun oknum yang melakukan praktek pungli tampaknya tak peduli dengan penertiban itu.

Diharapkan kepala Satlantas Polresta Medan dapat segera bertindak terhadap mereka para oknum yang melakukan praktek nakal ini dapat segera ditindak, agar masyarakat tidak lagi terbebani biaya yang tidak jelas dalam pengurusan SIM. Tentunya dapat menjalankan aturan dan tata terib berlalu lintas dengan mengantongi SIM yang sesuai dengan syarat dan peruntukkannya.

Lain pengurusan perpanjangan lain pula ceritanya untuk penerbitan SIM jenis lainnya, lantas bagaimana dengan biaya proses pengurusan SIM tersebut ? awak media ini akan menelusurinya. (Willy/Sb/BI).